Program Magang Relawan Bantuan Hukum 2013

                    

   
Lembaga Kajian Keilmuan (LK2) FHUI bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBH Masyarakat) membuka kesempatan kepada mahasiswi/a dari berbagai latar belakang disiplin ilmu untuk berpartisipasi dalam program magang relawan bantuan hukum (volunteer) untuk tahun 2013. Program ini dibuka kepada seluruh angkatan mahasiswai/a. Selmaa menjalani program magang, relawan berkesempatan terlibat dalam aktivitas kunci LBH Masyarakat seperti penanganan kasus, pemberdayaan hukum masyarakat, advokasi kebijakan, kampanye hak asasi manusia, dan berjejaring dengan mitra nasional maupun internasional. Selain itu relawan dapat memilih untuk terlibat secara khusus dalam penyelenggaraan program – program LBH Masyarakat berikut ini :
-          Youth Camp 2013
-          Sekolah Paralegal 2013
-          Akses terhadap keadilan dan pemantauan hak asasi manusia dalam kebijakan narkotika Indonesia

Tugas dan Tanggung Jawab Relawan
-          Berpartisi pasi dalam penanganan kasus, termasuk tidak terbatas misalnya, bersama advokat LBH Masyarakat mewawancarai klien dan calon klien, menyususn rencana atau strategi penanganan, melakukan tugas administratif yang berkaitan dengan penanganan kasus, melakukan tugas lainnya sesuai arahan dari Koordinator Advokasi atau Penanggung Jawab Kasus, melakukan riset hukum dan hak asasi manusia;
-          Berpartisipasi dalam pemberdayaan hukum masyarakat, termasuk tidak terbatas misalnya, bersama staf LBH Masyarakat lainnya memberikan penyuluhan hukum dan HAM kepada komunitas terpinggirkan, mengumpulkan bahan – bahan yagn diperlukan untuk keperluan penyuluhan;
-          Berpartisipasi dalam advokasi kebijakan, termasuk tidak terbatas misalnya, merancang dokumen yang diperlukan untuk kepentingan advokasi (contoh : briefing paper dan press release). Berjejaring dengan mitra nasional maupun internasional, melakukukan riset untuk topik – topik tertentu sesuai dengan isu advokasi.
Persyaratan
Kandidat yang ideal adalah mereka yang memiliki :
-          Semangat belajar yang tinggi
-          Minat yang tulus untuk berkontribusi pada penegakan hukum yang berkeadilan dan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia.
-          Kemampuan komunikasi yang baik dalam Bahasa Indonesia, baik lisan maupun tertulis. Kemampuan berbahasa inggris merupakan nilai tambah.
-          Kemampuan organisasi yang baik dan mampu bekerja secara efektif baik di dalam tim maupun secara individu
-          Kapasitas menggunakan komputer (Ms.Office) dan internet secara memadai.

Komitmen Waktu
Posisi relawan adalah voluntary (tidak mendapatkan honorarium). Relawan yang terpilih diharapkan bersedia meluangkan waktunya setidaknya 10 (sepuluh) jam kerja per minggu, selama minimal 3 (tiga) atau 6 (enam) bulan. Pengaturan waktu kerja fleksibel menyesuaikan dengan jadwal studi relawan yang bersangkutan. Program magang 2013 akan dimulai hari Rabu, 16 Januari 2013. Selama menjalani masa magang, relawan juga akan mendapatkan pendidikan HAM dengan pengkhususan tema – tema HAM yang menjadi isu pokok kerja LBH Masyarakat seperti misalnya hak atas kehidupan, atas peradilan yang jujur (fair trial), hak atas bebas dari penyiksaan, hak atas kesehatan, dan lain sebagainya.

Instruksi Mengenai Aplikasi
Harap kirimkan surat lamaran beserta CV terbaru paling lambat 5 Desember 2012, ke contact@lbhmasyarakat.org. Harap mencantumkan “Relawan 2013_nama” di kolom subject email. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi LK2 di nomor 085279991068 (Adit FHUI 2010) atau LBH Masyarakat di nomor 021 830 54 50 (kantor) atau dapat langsung ke kantor LBH masyarakat di alamat Tebet Timur Dalam III, No. 54 A, Jakarta Selatan.