Pembukaan Pemagangan Di Yayasan Kelola Indonesia

PEDOMAN LAMARAN MAGANG NUSANTARA

*Disclaimer: Pedoman Magang Nusantara (MN) yang terlampir di bawah bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan kebijakan penyelenggara yang wajib dipatuhi oleh pelamar MN.

TENTANG MAGANG NUSANTARA
Magang Nusantara adalah sebuah program pembelajaran yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan menyediakan kesempatan bagi para penggiat (pelaku dan pekerja) seni Indonesia untuk memperdalam pengetahuan dan mengembangkan keahlian dalam bidang manajemen seni di lembaga-lembaga seni dan budaya terkemuka di Indonesia yang menjadi Organisasi Tuan Rumah (OTR) magang.

MANFAAT KEGIATAN
Melalui program ini, peraih memperoleh kesempatan untuk berada dalam suatu lingkungan kerja yang baru, bersentuhan langsung dengan kegiatan dan orang¬-orangnya, merasakan budaya kerjanya, dan bahkan bekerja bersama pakar-pakar terbaik di bidangnya. Selain bisa belajar dan mengenal cara kerja yang lain, peraih juga bisa membentuk jejaring kerja seni lewat kesempatan pertemuan dengan banyak penggiat maupun organisasi seni lain di tempat ia magang. Usai program, peraih diharapkan bisa membagikan pengalamannya kepada komunitas seni di tempat asalnya dan menjalin kerja sama dengan mitra-mitra yang menjadi jejaringnya agar kehidupan kesenian di tempat itu terus tumbuh dan berkembang.

PERSYARATAN
• Berusia antara 23 sampai dengan 40 tahun.
• Memiliki minat dan latar belakang di bidang seni.
• Pendidikan minimal non-gelar dengan pengalaman di bidang seni minimal dua tahun.
• Memiliki motivasi tinggi untuk belajar, bekerjasama, dan mengembangkan jejaring.
• Dapat mengikuti kegiatan magang selama tiga bulan penuh, dan sanggup mengikuti jadwal kerja yang ditetapkan oleh masing-masing OTR.
• Pelamar OTR asing, harus menguasai bahasa Inggris.
• Diprioritaskan kepada pelamar yang mengajukan OTR diluar kota / di luar daerah tempat tinggalnya.

WAKTU MAGANG
Magang dilaksanakan selama tiga bulan penuh di tahun 2013. Waktu magang disesuaikan dengan agenda kegiatan masing-masing OTR.

BIAYA MAGANG
Peraih akan mendapatkan bantuan dana untuk biaya transportasi darat atau laut pp, akomodasi, konsumsi, transportasi lokal dan asuransi kesehatan.

PROSES SELEKSI
Seleksi dilakukan oleh sebuah tim seleksi independen yang terdiri dari 3 – 5 orang dari berbagai bidang keilmuan. Tim seleksi akan menominasikan sejumlah pelamar yang kemudian direkomendasikan ke masing-masing OTR. Tim seleksi berhak mengubah OTR pilihan pelamar apabila kualifikasi pelamar dinilai lebih cocok untuk OTR lain. Pilihan akhir akan dilakukan oleh setiap OTR. Keputusan OTR bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.

HASIL YANG DIHARAPKAN
Seusai periode magang, peserta diwajibkan membuat laporan kegiatan magang yang terdiri dari laporan naratif dan laporan keuangan serta mengirimkan dokumentasi kegiatan magang.

CARA MENDAFTAR
Isi formulir Magang Nusantara dengan lengkap. Pelamar OTR asing, diwajibkan mengisi dan menjawab formulir menggunakan bahasa Inggris. Kirimkan lamaran ke program2@kelola.or.id saat pembukaan pendaftaran berlangsung

DIMANA SAYA BISA MEMPEROLEH INFORMASI WAKTU PEMBUKAAN & PENGUMUMAN MN?
Kelola selalu mengumumkan pembukaan pendaftaran dan daftar peraih program-programnya secara terbuka di website (www.kelola.or.id) dan juga media publikasi lainnya di www.facebook.com/kelola.or.id atau @yayasankelola.
Informasi terbaru Kelola juga didapat melalui newsletter kegiatan Kelola yang didapatkan dengan mendaftarkan email Anda di website Kelola.

DAFTAR PUSAT KEBUDAYAAN YANG PERNAH MENJADI ORGANISASI TUAN RUMAH (OTR)
Goethe Institut – Jakarta l www.goethe.de/jakarta
Institut Français D’Indonésie (IFI) Jakarta l www.institutfrancais-indonesia.com/jakarta
Institut Français D’Indonésie (IFI) – LIP Yogyakarta l www.institutfrancais-indonesia.com/yogyakarta
Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) – Jakarta l www.gfja.org
The Japan Foundation – Jakarta l www.jpf.or.id
Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) – Bandung l www.selasarsunaryo.com
Teater Satu – Lampung l www.teatersatu.org

JIFFEST – Jakarta
Teater Koma – Jakarta l www.teaterkoma.org
Saung Angklung Udjo – Bandung
Sanggar Tari Didik Nini Thowok - Yogyakarta
Teater Garasi – Yogyakarta l www.teatergarasi.org
Yayasan Bagong Kussudiardja - Yogyakarta l www.ybk.or.id

Sumber