Angka Pengangguran Di Indonesia Mengalami Penurunan Pada Tahun 2013

JAKARTA. Meski pertumbuhan ekonomi cenderung mengalami pelemahan, data ketenagakerjaan Indonesia nampaknya menunjukkan adanya perbaikan. Hal itu terlihat dari berkurangnya angka  jumlah pengangguran pada bulan Februari 2013 dibandingkan tahun lalu pada waktu yang sama.
Dalam data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik, diketahui jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 5,92%, sementara tahun lalu mencapai 6,32% dari jumlah angkatan kerja.

Meski demikian, tingkat pengangguran di bulan Februari tahun ini  masih tinggi jika dibandingkan target yang dipatok pemerintah tahun ini. Dimana pemerintah menargetkan jumlah pengangguran tahun 2013 mencapai 5,8%.

Wakil Ketua Bappenas, Lukita Dinarsyah Tuwo bilang data yang keluar baru untuk bulan Februari. Menurutnya masih ada waktu hingga bulan Agustus bagi pemerintah untuk menekan jumlah pengangguran lebih besar lagi sehingga bisa sesuai dengan target.

Ketua BPS, Suryamin menjelaskan, turunnya angka pengangguran itiu disebabkan oleh berbagai hal. Pertama karena semakin banyaknya jumlah angkatan kerja menjadi 780 ribu orang dibanding tahun 2013, dari tahun 2012 sebesar 118,8 juta orang menjadi 121,2 juta orang. Kenaikan jumlah angkatan kerja itu didukung dengan semakin baiknya tingkat pendidikan masyarakat.

Kedua, meningkatnya permintaan tenaga kerja yang ditunjukan bertambahnya jumlah lapangan kerja di beberapa industri dan jenis lapangan kerja. Misalnya saja industri keuangan, jasa masyarakat serta indusrti transportasi, pergudangan dan komunikasi. Jumlah penduduk yang bekerja di sektor perdagangan meningkat meningkat sebesar 790 ribu orang, atau sebesar 3,29%.

Sumber : Nasional Kontan