Program Magang untuk Mahasiswa Indonesia Terbaru

Program magang difokuskan bagi para mahasiswa/i dengan tujuan untuk melengkapi syarat kelulusan mereka di kampus serta melibatkan mereka dalam proses penggarapan berita di website serta mengerjakan tugas-tugas editorial lainnya seperti mengetik transkrip/manuskrip, riset artikel, pengecekan fakta, melakukan wawancara, reportase di lapangan, menghadiri rapat-rapat redaksi.

Selain tentunya juga diminta melakukan reportase dan penulisan berita di website dengan mendapatkan kredit atas nama mereka sendiri (byline).

Setiap mahasiswa magang akan diberi pengarahan oleh mentor yang terdiri dari para editor RS Online sendiri.

Tidak tertutup kemungkinan mahasiswa magang dibutuhkan pula untuk melakukan peliputan atau penulisan bagi majalah Rolling Stone Indonesia.

Jika diterima mahasiswa magang akan menempuh masa magang maksimal selama 3 (tiga) bulan di RS Online.

Di akhir masa magang mereka akan diberikan surat keterangan magang dari editor Rolling Stone serta diminta untuk membuat laporan singkat secara tertulis yang menceritakan pengalaman mereka selama magang di RS Online, saran-saran bagi program magang ini dan komentar mereka tentang edukasi jurnalisme di RS Online.
Proses Seleksi Mahasiswa Magang

Mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti program magang di RS Online akan diseleksi berdasarkan berkas mereka masing-masing.

Yang menjadi bahan pertimbangan utama kepada para pendaftar adalah latar belakang pendidikan sosial, jurnalistik, komunikasi, misalnya mahasiswa FIKOM/FISIP, termasuk pengetahuan serta pengalaman bekerja di majalah. Misalnya:

    Telah memiliki pendidikan dasar jurnalistik di kampus (reportase, penulisan, penyuntingan).
    Pernah terlibat dalam jurnalisme kampus, sebagai redaktur/editor di koran/majalah/website kampus atau pengalaman menulis atau jurnalistik lainnya.
    Memiliki minat, menyukai serta memahami musik populer Indonesia atau internasional.
    Memiliki minat serta menyukai film, fashion, politik serta ragam budaya pop lainnya.
    Berdomisili di Indonesia.

Keterangan:

Mahasiswa yang diterima magang di Rolling Stone Online adalah mahasiswa yang diwajibkan pihak kampus untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sebagai salah satu syarat kelulusan.

Hanya mereka yang aplikasinya memenuhi kualifikasi yang akan dikontak via e-mail atau telepon oleh editor Rolling Stone.
Honor Mahasiswa Magang

Mahasiswa magang di Rolling Stone Online selama masa magang dan ditugaskan akan menerima honor bulanan sebesar Rp. 600.000,-

Honor yang diterima tidak termasuk biaya transportasi peliputan atau pengeluaran pribadi yang dikeluarkan selama proses peliputan.

Setiap melakukan penugasan peliputan di dalam kota dari editor maka mahasiswa magang akan diberikan voucher taxi (pergi dan pulang).
Persyaratan Permohonan Magang

Setiap mahasiswa yang mengajukan permohonan magang harus menyertakan hal-hal sebagai berikut:

    Membawa surat keterangan dari pihak kampus/universitas yang ditandatangani oleh Dekan atau pejabat fakultas yang bersangkutan. Jika aplikasi dikirim via e-mail surat ini harap di scan dan dilampirkan pula nantinya.
    Membuat surat permohonan magang (ditujukan kepada Wendi Putranto, Executive Editor Rolling Stone Online) yang ditandatangani oleh mahasiswa bersangkutan. Jika aplikasi dikirim via e-mail surat ini harap di scan dan dilampirkan pula nantinya.
    Melampirkan sedikitnya lima buah naskah tulisan/karya jurnalistik pribadi atau jika ada kliping pers bagi karya jurnalistik yang telah dipublikasikan di majalah/penerbitan kampus/media massa umum, sebutkan pula nama penerbitan dan tanggalnya.
    Melampirkan Curriculum Vitae (CV) yang disertai pas foto pribadi di dalamnya.
  
 Kirimkan seluruh aplikasi magang Anda ke alamat berikut ini:
Rolling Stone Online,
 Jl. Ampera Raya No.16, Cilandak, Jakarta 12560, Indonesia.
Atau kirim via e-mail: internships@rollingstone.co.id