Tips Sukses untuk Calon Sarjana dari Prof. Dr. Eko Prasojo, S.Ip

Cirebon - CopasLoker.com, Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Prof. Dr. Eko Prasojo, S.Ip pada saat mengisi acara sebagai pemateri orasi ilmiah yang dilangsungkan di Convention Center Hotel Zamrud Cirebon pada Sabtu kemarin (11/12014).

Di sela-sela penyampaian materi orasi ilmiah tentang reformasi birokrasi di hadapan jajaran rektorat, dekanat, dan calon wisudawan Unswagati. Pria yang masih tercatat sebagai dosen tetap di Universitas Indonesia ini menuturkan tentang pesan-pesannya kepada mahasiswa, agar memegang teguh ajaran agama masing-masing dan menyarankan agar menjalankan beberapa pesannya sebagai bekal dalam menjalani kehidupan di kemudian hari.

Pesan-pesan itu diantaranya adalah;
  1. Intelektual capacity
  2. Kecerdasan Emosi 
  3. Kecerdasan Spiritual
  4. Open mind 
  5. Open will
  6. Open Heart
 "Ke-enam pesan tadi bila dijalankan dengan baik, insya Allah kalian dapat sukses di dunia kerja, terutama kejujuran, dan integritas sangat diperlukan disamping kecerdasan dan keterampilan kalian di perusahaan atau lembaga yang lain." tegasnya.
 Lebih lanjut, menurutnya Indonesia cukup mampu untuk melakukan pembangunan. "Seperti infrastruktur pembuatan gedung, jembatan, dan lain sebagainya. Namun Indonesia dipandang masih belum mampu dalam membangun sebuah kebudayaan yang baik." tambahnya.

Beliau bercerita dalam kunjungannya ke negara Korea, bahwa orang Korea menilai orang Indonesia sebenarnya sangat potensial dalam membangun dan mengembangkan negaranya. Dilihat dari melimpahnya sumber daya alam, namun masyarakatnya masih belum mampu untuk membudayakan dan menumbuhkan jiwa patriotisme, heroisme, nasionalisme, dan integritas.
"Ada empat kebudayaan yang perlu dibangun di masyarakat Indonesia, diantaranya; sikap nasionalisme atau pluralisme, sikap heroisme yang selalu ingin merubah lingkungan agar lebih baik, sikap patriotisme ingin mengabdi kepada bangsa, dan sikap integritas jujur dan bertanggung jawab." tandasnya.