Pemprov Sumatera Barat Buka Lowongan 193 CPNS

Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk bergabung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dengan mengisi lowongan 193 formasi di lingkungan Pemerintahan Provinsi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam pengumumannya tertanggal 10 September 2013 menyebutkan, formasi CPNS yang tersedia terdiri atas: a. 72 Tenaga Pendidikan; b. 2 Tenaga Pendidikan (khusus penyandang cacat tunggal tuna wicara); c. 80 Tenaga Kesehatan; d. 37 Tenaga Teknis; e. 1 Tenaga Teknis (khusus penyandang cacat tuna netra); dan f. 1 Tenaga Teknis Pelatif Renang dengan kualifikasi atlet renang berprestasi minimal emas PON atau perak Sea Games/Asian Games, dan perunggu Olimpiade.
“Setiap pelamar harus mendaftar melalui website pendaftaran nasional dengan alamat www.sscn.bkn.go.id mulai tanggal 14 – 26 September 2013,” tulis Irwan dalam pengumuman itu.
Gubernur Sumbar itu menambahkan, setelah melakukan pendaftaran online, peserta wajib mengirimkan berkas lamaran kepada panitia paling lambat 26 September 2013 dengan alamat yang bisa diakses pada www.sumbarprov.go.id.

“Panitia tidak menerima berkas lamaran yang disampaikan selain melalui PO BOX resmi, dan hanya memprosesnya apabila alamat tujuan amplop berkas lamaran sesuai dengan kelompokk formasihnya,” ujar Irwan.

Selain syarat umum, pelamar formasi CPNS di Pemerintah Provinsi Sumbar harus merupakan lulusan dari perguruan tinggi negeri atau swasta yang terakreditasi dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif 2,75;untuk formasi Guru TIK, Guru Pendidikan Agama, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Guru Matematika, Guru Fisika, dan Guru Biologi memiliki nilai TOEFL 400 atau 500 untuk IELTS, sementara Guru Bahasa Inggris harus memiliki sertifikat Toefl 550; dan berusia antara 18 – 35 tahun per 1 Januari 2014.

Menurut Irwan, seleksi penerimaan Pemprov Sumbar dilakukan dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assietd Test) untuk 8.000 pelamar pertama yang memenuhi syarat administrasi. “Pemilihan 8.000 orang pelamar itu ditentukan berdasarkan waktu mendaftarkan online, yaitu pelamar yang lebih dahulu mendaftar dan memenuhi persyaratan administrasi sampai memenuhi jumlah 8.000 orang,” jelas Gubernur Sumbar itu.

Adapun jadwal dan lokasi tes akan diberitahukan kemudian pada minggu pertama Oktober 2013 melalui website www.sumbarprov.go.id.
Para pelamar yang akan diterima kelak akan ditempatkan di seluruh daerah di wilayah Provinsi Sumbar. (ES)