Kejaksaan Republik Indonesia membuka pendaftaran
bagi 1000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2013 untuk
ditempatkan di Kejaksaan seluruh Indonesia.
Kepala
Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung, Bambang Sugeng Ruknomo, selaku
Sekretaris Panitia Pengadaan CPNS Kejaksaan RI 2013 dalam pengumumannya
tertanggal 2 September 2013 menyebutkan, ke-1000 CPNS yang akan direkrut
itu terdiri atas: a. 450 lulusan S.1 Ilmu Hukum untuk Jabatan
Fungsional Calon Jaksa (Golongan III/a); b. 38
orang lulusan S.1 Ekonomi/Akuntansi untuk Jabatan Fungsional Calon
Auditor (Golongan III/a); c. 38 orang lulusan D.III Komputer untuk
Jabatan Fungsional Calon Pranata Komputer (Golongan II/c); d. 38 orang
lulusan D.III Ekonomi/Akuntansi untuk Jabatan Fungsional Calon Auditor
(Golongan II/c); dan e. 436 orang lulusan SLTA untuk Pengawal Tahanan,
Penyiapan Barang Bukti, Pengemudi, dan Caraka (Golongan II/a).
“Pendaftaran secara online di situs resmi rekrutmen CPNS Kejaksaan Agung RI www.kejaksaan.go.id/rekrutmen mulai 8 September - 22 September 2013,” tulis Bambang Sugeg.
Selain
persyaratan umum sebagai WNI, bagi pelamar CPNS di Kejaksaan Agung
terdapat beberapa persyaratan khusus, di antaranya: 1. Berusia
serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 28 tahun pada 1
Desember 2013; 2. Belum menikah dan bersedia tidak akan menikah sampai
diangkat sebagai PNS; 3. Tidak buta warna parsial atau total, tidak
cacat fisik, tidak cacat mental, tidak termasuk kelainan orientasi seks
dan kelainan perilaku (transgender), tidak bertato, dan bebas narkoba.
Selain
itu juga pelamar CPNS di Kejaksaan RI juga harus: 4. Menguasai Bahasa
Inggris dengan TOEFL 425 atau IELTS minimal 5, untuk D.III minimal TOEF:
400 atau IELTS minimal 4,5; 5. IPK Sarjana (S.1) minimal 2,75 untuk
lulusan SMTA nilai rata-rata ijazah 7,00; 6. Berasal dari Perguruan
Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terakreditasi
minimal B; dan 7. Melampirkan Akte Kelahiran yang disahkan oleh pejabat
Catatan Sipil.
Sedang berkas lamaran lengkap dibawa pada saat verifikasi, berupa dua berkas lamaran, yang terdiri atas:
- Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri dan ditujukan kepada Jaksa Agung Muda Pembinaan U.p. Ke pala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung RI
- Daftar Riwayat Hidup singkat, ditulis tangan sendiri (huruf cetak)
- Foto copy Ijazah dan transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir sesuai ketentuan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi pelamar S.I, D.III dan SLTA atau sederajat.
Tataraca melamar silahkan lihat di http://www.kejaksaan.go.id/rekrutmen/tatacara.php.
Para
peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan mengikuti tes di
Kejaksaan Agung atau Kejaksaan Tinggi, di tempat masing-masing pelamar
mendaftar. Adapun pelaksanaan tes kemampuan dasar (TKD) akan
dilaksanakan secara serentak pada 3 November, dengan materi:
a. Wawasan
Kebangsaan;
b. Intelegensia Umum; dan
c. Karakteristik Pribadi.
Berikut jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS di Kejaksaan
Pendaftaran online
tanggal 8 September 2013 sampai dengan 22 September 2013 Sistem akan
membuka dan menutup Pendaftaran secara online pada pukul 00.00 Waktu
Sistem
- Verifikasi data pelamar tanggal 23 sampai 26 September 2013
- Pelaksanaan Ujian Tahap I tanggal 3 November 2013
- Pengumuman Hasil Ujian Tahap I (ditentukan kemudian oleh Kementerian PAN & RB
- Pelaksanaan Ujian Tahap II (ditentukan kemudian)
- Pengumuman Hasil Ujian Tahap II (ditentukan kemudian)
- Penerbitan Surat Keputusan sebagai CPNS Kejaksaan RI (ditentukan kemudian).
(WID/ES)
1 komentar:
(Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)
Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.
Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.
3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.
4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.