Kementerian BUMN Tahun 2013 Tidak Membuka Lowongan CPNS

Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun ini tidak membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Padahal sebagian besar Kementerian Lembaga membuka lowongan CPNS.

Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan, kementeriannya tidak membuka lowongan karena sedang menjalankan program reformasi birokrasi. Yakni dengan melakukan perampingan pegawai sehingga masih belum memerlukan penambahan karyawan.

"Kita ingin nggak gemuk. Sekarang sedang reformasi birokrasi jadi nggak ada keperluan (CPNS)," ucap Dahlan saat ditemui di Kementerian BUMN, Selasa malam (17/9/2013).

Bahkan pada tahun ini Kementerian BUMN melakukan perampingan struktur jabatan. Kementerian BUMN menghapus posisi Deputi Infrastruktur dan Logistik serta bawahannya. Program yang efektif berlaku 1 September ini justru mengurangi pejabat di Kementerian BUMN sebesar 20%.

"Bahkan kita mengurangi jumlah pejabat 20% karena satu deputi dikurangi. Jadi semangat kita malah mengurangi. Tapi perusahaan-perusahaan BUMN lakukan rekruit," kata.

Diakuinya regenerasi pegawai tetap diperlukan. Oleh karena itu, Kementerian BUMN pada tahun depan mulai membuka lowongan CPNS.

"Mungkin tahun depan (buka lowongan CPNS) memang perlu regenerasi. tidak merekrut terus menerus juga gak bagus," jelasnya.

Dahlan menambahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi justru memberikan apresiasi kepada Kementerian BUMN yang melakukan perampingan karyawan dan struktur jabatan. Apreasiasi diberikan dihadapan Menteri-Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

"Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memuji di Rapat Terbatas (Ratas) Kabinet, semua kementerian harus seperti Kementerian BUMN," terangnya.

Sumber : detik